Charles Babbage-Penemu Komputer

charles-babbage

Charles Babbage, seorang matematikawan asal Inggris yang berhasil menjadi penemu komputer pertama kali di dunia. Ilmuwan yang lahir pada 26 Desember 1791 telah banyak menghasilkan karya nyata yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, kususnya pada bidang komputer. Mesin penghitung yang ditemukan Charles Babbage (1791-1871) merupakan cikal bakal dari komputer yang saat ini sudah sangat berkembang. Mesin penghitung yang diciptakan oleh Charles Babbage ini termasuk salah satu ikon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer. Selain itu, mesin penghitung tersebut merupakan kalkulator otomatis pertama. Oleh karena itu, Charles Babbage dikenal dengan sebutan Bapak Komputer.

Charles Babbage lahir di London pada 26 Desember 1791. Dia adalah anak dari Benjamin Babbage, seorang bankir. Kelebihan Charles Babbage dalam bidang matematika sangat menonjol. Tak heran, kemampuannya yang lebih dalam bidang matematika membawa Charles Babbage masuk Trinity College di Cambridge pada 1811. Setelah memasuki Trinity Collage, kemampuan dan keahliannya dalam bidang matematika menjadi jauh lebih baik, bahkan jauh lebih baik daripada tutornya sendiri.

Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Sejarah komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama “mesin analitis” pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena “mesin analis” bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi “mesin analis” itu, selain memang tidak bisa tidak memerlukan waktu dan biaya besar. Sesudah matinya, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang.

Karya Babbage kurang begitu terkenal sampai suatu saat dia bertemu dengan Ada Countess of Lovelace, anak dari Lord Byron. Babbage mula-mula bertemu ada di sebuah acara tanggal 6 Juni 1833. Sembilan tahun kemudian, Luigi F

ederico Manabrea (seorang insinyur dari Italia) menjelaskan cara kerja Analytical Engine. Karya ini kemudian diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada Lovelace di tahun 1843. Mulai dari saat itu orang mulai mengenal karya Charles Babbage.

Tahun 1937, tulisan Babbage menjadi perhatian Howard H. Aiken, sarjana tamatan Harvard. Aiken yang juga sedang mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer, tergerak oleh gagasan Babbage. Bekerjasama dengan IBM,

Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Dua tahun sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama. Sejak itu, kemajuan teknologi komputer berkembang pesat.

Mesin hitung punya pengaruh begitu besar di dunia, malahan akan menjadi lebih penting lagi di masa depan, sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer tidaklah lebih besar ketimbang Aiken atau ketimbang John Mauchly dan J.O. Eckert (tokoh utama dalam perancangan ENIAC). Atas dasar itu paling sedikit ada tiga pendahulu Babbage (Blaise Pascal, Gottfried Leibniz dan Joseph Marie Jacquard) sudah membuat sumbangan setara dengan Babbage. Pascal, seorang matematikus, filosof dan ilmuwan Perancis menemukan mesin penjumlahan mekanis tahun 1642.

Pada 1828 sampai 1839, Charles Babbage memperoleh gelar The Lucasian Chair of Mathematics (gelar profesor matematika paling bergengsi di dunia) dari Universitas Cambridge. Selain mesin hitung, Charles Babbage memberikan berbagai kontribusi lain. Konstribusi tersebut, antara lain menciptakan sistem pos modern di Inggris, menyusun tabel asuransi pertama yang dapat diandalkan, menemukanlocomotive cowcather (struktur berbentuk segitiga di bagian depan kereta api, yang mampu membersihkan rel dari gangguan) dan lainnya.

Babbage prestasi Pada tahun 1824 Babbage memenangkan Gold Medal dari Royal Astronomical Society “untuk penemuan mesin untuk menghitung tabel matematika dan astronomi”. Dari 1828-1839 Babbage adalah Lucasian guru besar matematika di Cambridge. Dia memberikan kontribusi sebagian besar majalah ilmiah, dan berperan penting dalam mendirikan Astronomical Society di 1820 dan Society Statistik pada tahun 1834. Pada tahun 1991 mesin perbedaan selesai, mulai dari rencana asli Babbage, dan berfungsi dengan sempurna. Di balik seluruh keberhasilan yang diraih Charles Babbage, kegagalan dalam pembuatan mesin perhitungan dan kegagalan bantuan pemerintah kepadanya, meninggalkan Babbage dalam kekecewaan dan kesedihan di akhir masa hidupnya. Babbage meninggal di rumahnya di London pada 18 Oktober 1871. Pada tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang Penemu Komputer mesin ini memang dapat diimplementasikan.

SUMBER:

http://www.profil.web.id/2012/07/profil-charles-babbage-sang-penemu.html

http://www.alimadura.com/2013/01/biografi-charles-babbage-penemu-komputer.html

Categories: penemu | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

VIDYATAMA KURNIA

Mahasiswa UNJ

Ivan Bagaskara

Who Needs Tagline

this is mine, what's yours?

just write your feelings smoothly and express your soul

RANDI SATRIA

Email : satriablizard@gmail.com {Mahasiswa UNJ'12}

Akbar Heresy

Black Moral, DIPLOSOMIA, Give Me Noise

Roy Ardhian

just watch and see

belajar jadi #penulis

isy kariiman aumut syahiidan

meyvilusandi

A fine WordPress.com site

humairohdesreini

welcome to my blog.... ^_^

FAUZIAH RIZQY

appreciate your time

Ordinary Techno Guy

Travel Passing Trough the World

saluthfiah

Teknik Informatika dan Komputer

%d bloggers like this: