Ada Lovelace-Programer

ada lovelace

Ada Lovelace, seorang perempuan yang merupakan programer komputer pertama di dunia asal Inggris. Siapa Ada Lovelace? Namanya memang tidak setenar Charles Babage atau Alan Turing, namun dialah programer komputer pertama yang layak mendapat tempat di hati para penggila teknologi saat ini.

Bernama lengkap Augusta Ada King, Countess of Lovelace lahir pada December 1815, Ada adalah anak satu-satunya Lord Byron, seorang penyair terkenal masa itu. Namun Ada sendiri tak pernah mengenal ayahnya sebab pernikahan ayah dan ibunya sangat singkat. Ibu Ada, Annabella, mendidik Ada untuk lebih mengandalkan otak kirinya agar tidak mengikuti jejak karir ayahnya. Ada memang jadi sangat pandai di bidang matematika sejak usia dini. Tahun 1828 ia pernah mendesain mesin terbang.

Tahun 1883 ia bertemu Charles Babbage, dan membantunya menulis program komputer pertama di dunia bagi mesin ciptaan Babbage, Analytical Engine, cikal bakal komputer saat ini. Bagian penting yang menjadi kontribusi perempuan tersebut adalah menerjemahkan memoar Luigi Menabrea, dan menambahkan catatan yang meliputi metide kalkulasi nomor-nomor Bernoulli pada mesin tersebut. Ada juga telah menulis sejumlah penjelasan awal mengenai komputer dan software. Sayangnya ia tak pernah bisa menuntaskan pengembangannya seputar dunia komputer uty sebab ia meninggal dalam usia 36 tahun karena kanker dan pendarahan pada 27 Novemver 1852.

Tahun 1841, seorang Italia bernama Louis Menabrea membuat tulisan dalam bahasa Perancis tentang “Analytical Engine”, setelah Babbage mempresentasikannya di Turin, Italia. Tahun 1842 Ada pun menerjemahkan tulisan Menabrea itu ke dalam bahasa Inggris. Babbage lalu mengusulkan agar Ada mengembangkan tulisan itu dengan menambahkan catatan-catatannya sendiri. Dalam waktu beberapa bulan tulisan itu berkembang menjadi tiga kali lebih panjang. Dalam tulisannya, Ada Lovelace menyatakan bahwa alat temuan Babbage kelak akan berkembang menjadi komputer serbaguna, bahkan untuk membuat gambar dan musik. Ia sepenuhnya benar, mesin hitung Babbage adalah cikal bakal komputer modern yang kita kenal saat ini.

Ada Lovelace juga menambahkan satu set instruksi penggunaan mesin itu untuk menghitung “bilangan Bernoulli”, yang kemudian diakui dunia sebagai program komputer pertama di dunia, dan Ada Lovelace disebut sebagai programmer perempuan pertama di dunia. Untuk mengenangnya, salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1979 diberi nama “ADA”. Charles Babbage sendiri menggelari Ada Lovelace sebagai “Enchantress of Numbers” atau Pesulap Angka. Catatan Ada sudah menggunakan iterasi (looping) dan alur kontrol if-then. Bagaimanapun, catatan itu kurang dilirik dunia sebelum tahun 1953. Namun, dengan temuannya tersebut, Ada Lovelace telah mampu menjelaskan hal yang kompleks dengan lebih baik, mirip seperti sebuah bahasa pengkodean / coding.

SUMBER:

http://netsains.net/2010/03/mengenang-ada-lovelace-programmer-komputer-pertama-di-dunia/

http://www.alimadura.com/2013/01/biografi-ada-lovelace-programer-perempuan.html

Categories: penemu | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

VIDYATAMA KURNIA

Mahasiswa UNJ

Ivan Bagaskara

Who Needs Tagline

this is mine, what's yours?

just write your feelings smoothly and express your soul

RANDI SATRIA

Email : satriablizard@gmail.com {Mahasiswa UNJ'12}

Akbar Heresy

Black Moral, DIPLOSOMIA, Give Me Noise

Roy Ardhian

just watch and see

belajar jadi #penulis

isy kariiman aumut syahiidan

meyvilusandi

A fine WordPress.com site

humairohdesreini

welcome to my blog.... ^_^

FAUZIAH RIZQY

appreciate your time

Ordinary Techno Guy

Travel Passing Trough the World

saluthfiah

Teknik Informatika dan Komputer

%d bloggers like this: